Kisah Nabi Adam

Nabi Adam adalah manusia pertama di muka bumi. Adam diciptakan Allah dari sari pati tanah. Allah menyediakan Adam tempat tinggal di surga. Allah menyuruh malaikat menghormatinya. Yaitu dengan memerintahkan mereka sujud pada Adam. Tapi, ada yang tidak mau sujud kepadanya. Ia adalah iblis. Iblis merasa dirinya lebih baik, karena ia diciptakan dari api. Kesombongan iblis membuat Allah marah. Ia diusirndari surga. Tapi iblis berjanji akan menggoda Adam dan keturunannya, dan akan menyesatkan umat manusia.

Adam merasa kesepian di surga. Lalu Allah menciptakan Hawa untuk menemani Nabi Adam. Setiap hari mereka bertamasya di surga. Tapi Allah memperingatkan mereka agar tidak mendekati sebuah pohon apalagi memakan buahnya. Iblis selalu menggodanmereka agar mereka mau memakan buah dari pohon tersebut. Setelah beberapa kali gagal menggodanya, akhirnya mereka tergoda. Adam dan Hawa pun mendekati pohon itu dan buahnya mereka telan. Tapi hanya sampai kerongkongan, seketika itu lenyaplah pakaian yang menutupi aurat mereka.

Allah menegurnya. Adam dan Hawa menangis. Adam dan Hawa sangat menyesal dan bertobat pada Allah. Pertobatan mereka diterima Allah. Tapi pelanggaran itu membuat mereka dikeluarkan dari surga. Allah memindahkan keduanya ke bumi. Pertama sampai di bumi, Adam dan Hawa terpisah. Cukup lama Adam dan Hawa terpisah, atas izin Allah keduanya bertemu di padang Arafah. Selanjutnya, mereka memulai hidup baru menjadi khalifah di bumi. Sejak tinggal di bumi Adam menjadi nabi. Suatu saat, Hawa hamil, kemudian melahirkan putra putrid.

Anaknya yang lahir selalu kembar, laki-laki dan perempuan. Pertama kali lahirlah Qabil dan saudari kembarnya Iklima. Kemudian Habil dengan saudari kembarya Labuda. Allah menganugrahi Nabi Adam dengandan Hawa anak yang banyak. Nabi Adam mengajarkan tauhid dankeimanan pada anak-anaknya. Habil dan Qabil tumbuh dewasa. Sudah saatnya mereka menikah. Turunlah perintahAllah bahwa anak-anak Nabi Adam harus menikah secara silang. Habil dinikahkan dengan saudari kembar Qabil, yaitu Iklima.

Adapun Qabil dinikahkan dengan Labuda, saudari kembar Habil. Semuanya patuh kecuali Qabil. Iblis membisikkan rasa iri di hatinya, karena iklima lebih cantik. Qabil tetap tidak mau menerima keputusan Allah. Kemudian turun petunjuk Allah. Keduanya diperintahkan untuk berkurban. Siapa yang kurbannya diterima, ia bebas memilih jodohnya. Habil mengurbankan seekor domba yang sehat dan gemuk, bulunya lebat, halus dan bersih. Sementara Qabil, ia mengurbankan sayur dan buah-buahan yang busuk.

Mereka meletakkan persembahan di tempat yang tinggi. Jika apidatang dan menyambar persembahan tersebut, itu berarti Allahtelah menerimanya. Allah pun memilih persembahan Habil, karenaAllah menyukai persembahan Habil. Qabilmendatangi Habil dan bertanya mengapa persembahannya tidak diterima  oleh Allah swt.. habil menjelaskan bahwa sesungguhnya ia (Qabil) tidak bersungguh-sungguh dalam memberikan persembahan kepada Allahswt.. itu sebabnya Allah tidak menerima persembahannya.

Setelah mendengar jawaban Habil, Qabil menjadi marah dan berhasrat membunuh Habil. Qabil akhirnya membunuhnya. Qabil mengambil batu dan memukulnya ke kepala saudaranya. Tatkala saudaranya saudaranya itu telah mati, ia tidak tahu bagaimana cara menguburkannya. Lalu, Allah swt.mengutus dua ekor burung gagak yangkeduanya berkelahi. Akhirnya salah satu ekor dari keduanya berhasil membunuh yang lainnya. Kemudian, gagak itu menggalikan lubang untuknya, lalu menguburkannya sampai bangkainya tidak terlihat.

Setelah melihat peristiwa itu, Qabil akhirnya menguburkan saudaranya. Ia sangat menyesal karena telah membunuh saudaranya. Nabi Adam dan Hawa sangat sedih atas kematian Habil, yang mati terbunuh secara zalim. Ia juga sedih terhadap Qabil yang telah menentang dan melawan perintah Allah. Lima puluh tahunsetelah terbunuhnya Habil, Adam mempunyai seorang pemuda yang saleh dan bertakwa. Ia juga menjadi nabi setelah Nabi Adam as..

Source: Al-Qur’anul Karim Dengan Tajwid Blok Warna Disertai Terjemah Kata Per Kata Plus Ensiklomini Anak Saleh, Penerbit Lestari Books

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: